Langsung ke konten utama

Pilih Free Fire atau PUBG Mobile ?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat malam para pembaca setia blog Story of Wejhe. Pernahkah kalian memainkan salah satu dari dua game android di atas ? Sebagian besar anak remaja mungkin sudah pernah memainkannya. Keduanya adalah game yang ber-genre battle royale. Sebenarnya, masih ada satu lagi game yang hampir mirip dengan keduanya, yaitu Rules of Survival. Namun, kali ini aku akan membahas Free Fire dan PUBG Mobile saja, karena dua game ini yang sudah sering ku mainkan. Dalam pembahasan ini, aku akan menggunakan sistem perbandingan dengan beberapa parameter. Oke, langsung saja. Check it out !

1. Game Play.

Free Fire Battleground
(Gambar 1. Game Play Free Fire)
Secara umum, game play dari kedua game ini adalah sama, karena memiliki genre game yang sama pula. Game akan dimulai dengan turun dari pesawat menggunakan parasut, lalu mencari loot untuk persiapan bertempur dengan musuh. Tujuan kedua game ini pun juga sama, yaitu untuk menjadi yang terakhir hidup dalam game. Di kedua game, juga ada safe zone yang selalu mengecil seiring berjalannya waktu. Sehingga, mau tidak mau kita harus selalu berada di dalam safe zone ini agar kita tetap aman dan lebih siap dalam menghadapi musuh.

Tetapi, menurut pendapatku game play milik PUBG Mobile lebih menarik. Karena, saat ini Free Fire telah dipenuhi dengan banyak cheater yang sangat curang untuk bisa memenangkan game. Hal ini menyebabkan Free Fire menjadi kurang kompetitif dan tidak fair.

2. Map.

Map PUBG Mobile
(Gambar 2. Map PUBG Mobile)
Bagi kalian yang sudah pernah memainkan kedua game ini, pasti tau lah game mana yang memiliki map yang lebih besar. Yak, PUBG Mobile memiliki ukuran map in game yang lebih besar. Map yang besar ini memiliki sisi baik dan sisi buruknya. Sisi baiknya, yang pasti kalian akan lebih lega untuk bisa meng-explore wilayah perang PUBG Mobile ini. Namun, di sisi lain ini akan membuat kalian kesusahan ketika safe zone mengecil ke tempat yang jauh dari posisi kalian. Kalian harus mencari mobil untuk dapat mencapai safe zone tanpa terkejar oleh shrinking line.

3. Game Server.

Kill Ping
(Gambar 3. Killping Server Route)
Dalam parameter Game Sever, saya akui Free Fire lebih unggul ! Saat ini, sever region Indonesia telah tersedia untuk game Free Fire ini. Sedangkan PUBG Mobile masih bertahan di server Asia untuk server terdekat. Dan dua server lainnya adalah server Eropa, dan Amerika Utara. Hal ini menyebabkan ping dalam game Free Fire lebih kecil dan stabil, sehingga kemungkinan terjadinya Connection Timed Out akan lebih kecil pula.

4. Kualitas Grafis.

Gameplay PUBG Mobile
(Gambar 4. Game Play PUBG Mobile)
Secara umum, kualitas grafis dari game PUBG Mobile lebih unggul dibandingkan dengan Free Fire. Namun, jawaban ini akan salah jika perangkat yang kalian gunakan adalah perangkat dengan spek yang rendah. Kualitas grafis PUBG Mobile akan turun drastis jika dimainkan pada perangkat yang memiliki spek rendah. Berbeda dengan Free Fire yang kualitas grafisnya akan tetap terlihat menarik meskipun dimainkan pada perangkat dengan spek yang rendah. Hal ini dikarenakan Free Fire merupakan game yang low-spec friendly.

Misalnya saja kalian memiliki smartphone Samsung J5 Pro, dan kalian mencoba memainkan kedua game tersebut. Game Free Fire akan terlihat lebih bagus kualitas grafisnya dan dapat di set ke mode Ultra HD. Sedangkan jika memainkan PUBG, kalian akan merasa kualitas grafisnya kurang baik karena harus di set ke mode Low Graphic yang akan menyebabkan frame rate nya turun.

5. Game Loot.

PUBG Mobile Loot
(Gambar 5. Game Loot di PUBG Mobile)
Nah, kalau dari hal yang satu ini PUBG Mobile lebih unggul. Dalam game PUBG Mobile, kalian akan menemukan berbagai macam jenis senjata dan perlengkapannya, serta item-item healing yang sangat beragam. Senjata di PUBG Mobile lebih beragam jenisnya dibandingkan dengan Free Fire. Mulai dari AKM, SCAR-L, Micro Uzi, Kar98K, P92, R1895, UMP-9, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, backpack milik PUBG Mobile juga memiliki kapasitas yang lebih besar.

6. Kontrol Game.

Kontrol Game Free Fire
(Gambar 6. Auto Aim Free Fire)
Kalau kalian bertanya "game mana yang memiliki kontrol yang lebih baik ?", maka jawabannya adalah tergantung pada selera kalian masing-masing. Jika kalian lebih prefer pada kontrol yang mudah dan tidak ribet, maka pilihlah Free Fire yang notabene memiliki sistem auto-aim yang memudahkan kalian dalam membidik musuh kalian. Namun, jika kalian menginginkan sistem kontrol yang menantang, maka PUBG Mobile adalah jawabannya. Dalam PUBG Mobile, tidak ada auto-aim seperti pada Free Fire. Selain itu, Recoil yang terjadi pada PUBG Mobile benar-benar terasa, dan kalian harus sabar dalam memburu musuh kalian.

Overall, kedua game ini sama-sama menarik. Keputusan kembali pada selera kalian masing-masing. Jika kalian adalah pengguna smartphone low-spec, dan lebih mengutamakan kesenangan dalam bermain game, maka pilihlah Free Fire. Namun, jika kalian memiliki jiwa kompetitif dan ingin mengasah skill dalam mengontrol senjata (walaupun hanya dalam game), maka pilihlah PUBG Mobile.

Oke, kiranya sekian yang dapat ku sampaikan. Maaf jika ada salah dalam kata-kata saya di postingan kali ini. Post ini hanyalah pendapat saja, bukan untuk melebihkan/merendahkan suatu hal. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan dari para pembaca sekalian. Jazakumullahi Khairan Katsiran.

Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

Ditulis Oleh : Wahyu Wijiyanto
Waktu Terbit : Jum'at, 30 Maret 2018 Pukul 20:46 WIB

Komentar

  1. Balasan
    1. Saya tidak setujuh kalau game free fire suka di hina sama game pubg.memang grafik free fire jelek tapi jangan menghina dong ini adalah suatu alasan ke napa saya tidak suka pubg anjing karna kalau mati keluar asap situ mau kentut apa buang gas asap hha dasar pubg anjing babi tai,,,,,,kalau memang pubg bagus coba dong duel di garena free fire terus duel lagi ke garena pubg anjing hha elu belum tau kekuatan tim Aura●Nesc dan kamu bakalan pecah pala kau sama frontal gaming Salam Booyah untuk pubg anjing yg suka menghina free fire

      #Salam dari garut jawa baratšŸ¤™

      Hapus
    2. Pecah pala karena AUTO AIM AUTO HEADSHOT šŸ¤­šŸ¤­

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Game ff gak masuk akal, masak perang bisa masuk tong terus senjatanya bisa nembus hahah,

      Hapus
  2. artikel yang bagus, detail tapi tidak subjektif...
    thx infonya

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Palak mu pung banyak cheter kali ff/gratis api yang banyak cheche kami mah player murni bukan ff player Cheter kami di tanggapi bukan di biarin huuu ff memang moon
      Plagiat lagi pantes aja game nya jelek

      Hapus
    2. Ff grafik burik, kontrol nya kaku bgt, nembak nya gk asli, kyk nembak laser mainan, coba pubg kyk asli bro, ff gk lunya senapan serbu, lama bgt nembaknya, rumput nya jelek, ff nembak tembok gk kliatan bekas peluru nya, pubg kelihatan, bayangan juga kliatan di pubg, waktu naik blmobil di ff gk bisa nembak, game busuk

      Hapus
    3. Pubg matibkena azab,masak mati keluar asap,terus pubg ya haram

      Hapus
    4. Nih aku kasih tau aku ada 2 sahabat satu main PUBG satu main FF aku mainnya ML...PUBG...samaFF tapi kami ga pernah tu bertengkar

      Hapus
    5. Gem ff gk masuk akal coba lo bayangin geh itu mau perang apa mau sirkus

      Hapus
  4. Papji juga banyak cheater, dicuekin aja lagi ga di ban, Papji banyak bot pantes aja gampang menang, game bocah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bocah tuh elu goblok , kalo baru main pubg mobile emg dikasih banyak bot musuhnya biar lo senang bisa ngerasain chicken. kalo udah tier ace keatas baru gaada bot. bilang game bocah? rata rata pemain free fire bocah broo anak sd game murahan hp kentang graphic jelek , gameplaynya juga kaku emg pas buat game bocah ff1!1!1!

      Hapus
    2. Pemain FF ko suka hina papji grafik burik,ngaca dulu sebelum hina1!1!

      Hapus
    3. Bilang aja lu iri gara gara spek hp lu kecil.player free fire ngehina player pubg,beda derajat nya cuy.

      Hapus
    4. Main pubg jngan setengah setengah , malah level pertama itu di kasih boot dulu biar para pemula bisa main nya, dasar muka micin

      Hapus
    5. Bilang aja hape lu hape low spec gakuat maen pabji makanya main ff klo mau bandingin ff ama pabji mah jauh pabji menang ibarat 1:100

      Hapus
    6. Yeh goblog ff mah beda jauh sama PUBG malah ff yang lebih banyak bocah!!!!! Ngaca Lo anjing

      Hapus
    7. Ff bub nembak kayak kartun malu
      Malin anjeng

      Hapus
    8. BODOAMAT, FF REPUBLIK OF KENTANG PENGIKUT NYA BOCAAAAH SEMUAAAAAA GOBLOOOOOOKKKKKKKKK

      Hapus
    9. Dasar yah pabji tuh ngomong free fire bocah mang kamu punya skil apa dalam bermain free fire ngomong nyaa punyaa tapi bacot luar biasa!!

      Hapus
    10. MEREKA YG MAIN FF ITU KARENA HP.NYA GA KUAT BUAT PUBG..MAKANYA MAIN FF,,FF KAN DIMAININ DI HP MURAHAN JG BISA WKWKW

      Hapus
    11. Bilangnya battleground kok gak ada pintu

      Upps??? Kami mau perang bukan mau bertamu.

      Bilang game kurang dana hhhh

      Gua tnya emang pubg punya skin mobil warnanya keren, gak punyakan

      Bilang Adu fansšŸ˜‚?
      Siapa takut fans ff banyak kokšŸ˜Ž.

      Coba lo main ff 99% lo nob, baru turun dari pesawat langsung death

      Hapus
    12. Engga jga ko. Buru mabar tunjukin siapa yg paling barbar ?šŸ˜‚

      Hapus
    13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    14. ADA YANG NANYA KENAPA FF GK PAKAI PINTU JAWABANYA(KAMI DATANG BUKAN UNTUK BERTAMU)padahal bukan itu jawabanya, semestinya KENAPA FF GK PAKAI PINTU JAWBANYA
      (GARENA KURANG MODAL WKWKWK) ~~~šŸ˜šŸ˜šŸ˜‚GUE DUKUNG PUBG

      Hapus
    15. Pemain PABJI Rata-rata punya darah tinggi ya.
      Panasan, dengki hati.

      Hapus
    16. Game bocah auto aim,scop tembak. Emang ada tentara scop tembak

      Hapus
    17. Ehhh goblokk garena ama lu kya an garena tolol

      Hapus
  5. ane milih PUBG gan, pernah main free fire ,rasanya kok lebih susah free fire ketimbang pubg apa karena banyak citer nya kali yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Free fire game gampangan aim nya auto,kurang menantang cuk

      Hapus
    2. Semua game ada citer bro..bukan ff aja

      Hapus
    3. Apaan game ff garfik buruk, dalam mobil gk
      bisa, rumput dah dimakan kambing(lantang), turun gk bisa bareng, megame senjata saas nembak ada di dada, senjata banyakan di pubg, nembak musuh ke incwr gk menantang. "DASAR GAME BOCAH" (pantasnya dimainin anak paud

      Hapus
  6. Yang grafis hoax ajg gw pernah maen ep ep set hight grafik tetep burik...PUBG set balance udah adem banget set smooth untuk bar bar....ngerti.

    BalasHapus
  7. Pubg game batlle royal terbaik cuy

    BalasHapus
  8. Free fire bocah grafik low..banyak cheater

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oi sadar oi sadar kau pikir pubg kagak banyak cheater semvakkudaa.
      Asal lu tau pubg itu asli 100% cheater berkeliaran cuy rata" noob

      Hapus
    2. BODO AMAT YG PENTING GRAFIK JOSSS, DARIPADA FF, GRAFIK BURIK CHEATER NYA BNYAK PULA, BOCAH GOBLOOOOOK

      Hapus
    3. Memang pung tidak punya skill tapi kami bermain dengan murni

      Yg bilang pung banyak cheter kali ff/gratis api itu yg banyak cheter

      Kami ada pintu ala sebab
      Karena bila musuh ingin masuk kami sudah siap

      Bila kalian masuk langsung mati karena nga ada pintu
      Bilang sama ff hp/grafis
      Kami nga level di bandingkan hp kentang kalian dasar banyak cheeter

      Hapus
  9. siapa bilang ff banyak cheter papji tu,emang ff grafiknya jelek karna gamenya masih tahap perkembangan kan ff game battle royal ke 2 jadi masih di kembangi,makin update makin besar bro mbnya.DASAR PEMAIN PABJI goblok(sering hina lagi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Game Battle ke-2 itu Fortnite bukan Free Fire

      Hapus
    2. Free fire itu rank 2!!!PUBG rank 5!!!puas lu pemain PUBG

      Hapus
    3. Dasar begonya gak ketulungan ni sempak berjamur, FF itu game cupu.. Mainan bocah. Cheaternya bebas berkeliaran, Garena selalu cacad kalo bikin, selalu kemasukan cheater.

      Hapus
    4. Pubg rank satu boss bukn rank 5...gw hpe low spek tpi main pubg graphic ultra HD tuh kga ngelag lagi ga kya ff tas gampng penuh

      Hapus
    5. ga banyak cheater kok udah ngeban 80k orang lebih šŸ˜ situ sehat? šŸ¤£

      Hapus
    6. FF ditembak kok nambah darah wkwkwšŸ˜‚

      Hapus
  10. Sudah sudah gak usah rame mau maen FF Kek Pubg Kek terserah masing2.... Toh maen juga pulsa/bayar Wifi masih gratisan.... Kerja kerja kerja cari duit yg Benarrr

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. Klo mau main"aja jngn bnyk bacot..terserh mau main FF/PUBG itu gimana selera kalian

      Hapus
    2. sesama player udahh jangan saling ejek šŸ˜Š udah nikmatin ajah game nya.. aku juga maen dua duanya ko,

      Hapus
  12. Jangan saling hina oi, yg suka PUBG jgn hina pemain Free Fire begitupun sebaliknya.. Emang lho pada bisa bikin game seperti itu ??
    kalo main yah main aja cuy, jangan saling hina...

    BalasHapus
  13. Gua udah main pubg steam duluan jadi lebih milih pubgm
    Saat tau ada game survival versi mobile gua cobain 3 game (pubg, ros, ff), dan game survival terbaik sejauh ini menurut gua tetap pubgm karena pengalaman yg gua dapat di pubgm kerasa lebih realistis aja dibandingin kedua game tersebut. Dan seperti artikel diatas, mainkan pubgm dgn spec hp mumpuni, bahkan gua ram 6 snapdragon 845 kadang bisa patah" saat momen dadakan seperti ledakan walaupun cuma sepersekian detik doang (kadang loh ya).
    Kalo masalah jaringan gua pengguna wifi ping gua stabil di 20-30ms server asia. Stabil aja selama inet lu lancar.


    BalasHapus
  14. PUBG Buatan Korea Bukan China Bocah

    BalasHapus
  15. Ff apa pubg.sama2 banyak Cheater ya.pubg lebih Bagus dibanding freefire tapi freefire di kategorikan bukan game jelek.yang jelek tuh playernya.merasa game favoritnya lebih Bagus malah ngemaki makin game lain.bisa bikin game gk?kalo berani komentar berarti bisa memperbaiki.paling cuma bisa bikin game lewat DYG(DRAW YOUR GAME).itupun lewat aplikasi yang bukan buatannya sendiri.

    BalasHapus
  16. KARTUKING

    Situs Judi Kartu Online 7 Games 1 ID
    Minimal Deposit 10 ribu ^^
    Jackpot Jutaan Rupiah SETIAP HARI !!!

    Situs Poker Online
    Agen Poker
    Daftar Situs Poker
    Agen Domino
    Dewa Poker
    Bonus Deposit Poker Terbesar

    HOT Promo Kartuking :
    (*) Bonus Deposit 50% New Member
    (*) Bonus Next Deposit 10%
    (*) Turnament menarik dengan total hadiah ratusan juta rupiah perbulan.
    (*) Bonus Referral 20%
    (*) Bonus Turn Over Hingga 0,5%
    (*) Jackpot Jutaan Rupiah ( Setiap Hari )
    (*) 1.000% NO Robot dan No Admin !!!

    Link Resmi : www.pemainraja.com / www.pemainraja.net

    Info Selengkapnya Hubungi kami :
    BBM : DBB67C83
    WA : +6282249382981


    Blog yang sangat menarik, jangan lupa kunjungi blog kita juga ya di keranjangpoker.com
    Blog kami berisikan Review berbagai Situs Poker Online Terbesar di Indonesia.


    Situs Poker Online
    Situs Domino Online
    Daftar Poker Online
    Poker Uang Asli
    Agen Poker Terpercaya
    Link Alternatif Dewa Poker
    Link Alternatif Asikqq
    Bermain Poker Online
    Judi Poker Online

    BalasHapus
  17. PUBG ASYUUHHHHHHH KENTUUUU JANNNNNCOKK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ff kali yg asu
      Kami mah murni bukan cheter

      Hapus
    2. PUBG KAYAK PERANG SUNGGUHAN BUKA KAYAK FF NEMBAK
      KE ICERSENDIRI DASAR GAME BOCAH

      Hapus
  18. Nyatanya PUBG lebih baik ya kan

    BalasHapus
  19. Gimana ngak bagus pbgu,baru spek nya aja udah gedeh ...coba aja ff di update speknya kayak pbgu
    Pastilah ff yg unggul ...ff masih dlm tahap perkembangan aja skrng udah lumayan bagus apalagi di update ....wikwikwik
    Pubg musuh nya 1/100 yg 50 nya palingan boot..jhhhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batle royale kok bawa kucing.. emang kebun binatang.
      Kalo turun pake skyborad jugašŸ¤£. Lu kira sirkus..

      Bangsat!šŸ¤£

      Hapus
    2. Apa an kucing ff MIRIP TAI NYA SENDIRI(TAI KUCING)

      Hapus
  20. Berhubung gw pernah main kedua game ini, Free Fire dan PUBG Mobile gw akhirnya memilih PUBG Mobile ketimbang Free Fire,, padahal gw udah main Free Fire itu cukup lama dan udah abisin duit sekitar 2 jutaan buat ikutan Event In Game dan Skin-skin terbarunya yang keren-keren..

    Sepengetahuan dari pengalaman gw, Free Fire punya Map yang lebih sempit dan jumlah Match Player yang hanya 50 Player dan tidak butuh waktu lama untuk gw bisa jadi Player Pro di Free Fire dari belajar seluk beluk medan Map-nya, dan gak sombong gw main FF sekali match bisa dapat Kill 8-15 Kill No Cheat skill asli..

    Hal itu berbeda ketika gw coba main di PUBG Mobile, game ini lebih REAL DAN SANGAT REAL KETIMBANG FREE FIRE..

    Skill gw dalam menembak dan melihat keberadaan musuh lebih terasah disini, karena gak adanya fitur AIM seperti yang ada pada Free Fire, ditambah lagi pilihan amunisi dan senjata yang beragam bikin nih game Riiiiiilll banget kyak perang di dunia nyata..

    Tentara kalo perang senjatanya gak mungkin bawa 1 jenis senapan, pasti banyak tentunya..

    Sejak saat itu gw pensi main FF dan beralih jadi PUBG Mobile fans..

    Untuk Hp yang gw pake sendiri gak perlu Hp mahal untuk main PUBGM ini, Hp gw cuma Xiaomi Redmi Note 4 dengan Spek Ram 3 GB dan ditenagai chipset Snapdragon 625 tapi udah Smooth banget dan anti lag,, juga gak bikin Hp cepat panas..

    Jadi Hp Spek RAM 3 GB dan chipset Snapdragon 625 aja udah cukup mumpuni buat main game ini dengan kualitas grafis yang fantastis..

    Jadi buat apa beli Hp dengan harga belasan juta kalau Hp harga 3 jutaan aja lo bisa main game dengan kualitas game elit ??!

    BalasHapus
  21. JADIKAN DIRI ANDA SEORANG JUTAWAN BERSAMA ZEUSBOLA !

    RASAKAN DEPOSIT VIA PULSA DAN MENANG CAIRKAN MENJADI UANG ASLI DI ATM !!

    BURUANNN DAFTAR DEPOSIT PULSA SEKARANG JUGA !!!

    Untuk Informasi Lebih Lanjutnya Bisa Hubungi Kami Di :
    Whatsapp : 0813-3355-2228
    SMS : 081333552228
    LINE : zeusbola
    BBM : bolazeus

    BalasHapus
  22. Ff nya game ga masuk akal
    Bukan kayak pubg
    Ff kalo udah capek larii
    Makan nya cenawan... Goblok
    Kalo pubg minum nya pepsii...
    Kalo game hp kentang ya macam tu lah
    Dasar ff tolol

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Pubg game buruk 8 bit,bosok,banyak bootnya

    BalasHapus
  25. Kalau ga salah singkatan Pubg itu
    P:Permainan
    U:Untuk
    B:Bocah
    G:Goblog
    Dasar mati keluar asap

    BalasHapus
  26. Saya tidak setujuh kalau game free fire suka di hina sama game pubg.memang grafik free fire jelek tapi jangan menghina dong ini adalah suatu alasan ke napa saya tidak suka pubg anjing karna kalau mati keluar asap situ mau kentut apa buang gas asap hha dasar pubg anjing babi tai,,,,,,kalau memang pubg bagus coba dong duel di garena free fire terus duel lagi ke garena pubg anjing hha elu belum tau kekuatan tim Aura●Nesc dan kamu bakalan pecah pala kau sama frontal gaming Salam Booyah untuk pubg anjing yg suka menghina free fire

    #Salam dari garut jawa baratšŸ¤™

    BalasHapus
  27. ff burik,mau main kok ada skill pasif di setiap karakter,auto aim lagi.kagak ada tantangannya.hihihi������.hanya laku di indonesia

    BalasHapus
  28. EMANG FF ADALAH GAME TER-BURIQ SEPANJANG MASAAA!!! EMG ANJG NGNTT BNGSD GARENA*

    *W komen kaya gini gara gara akun w di ban ama garena:v

    BalasHapus
  29. Nemirit gw pubg lah yang lebih menarik dan membuat mental playernya naik turun,maaf sebelumnya bukannya gw ngerendahin game FF,tapi semua itu fakta!!gw bernani berucucap seperti ini,karena gw udah pakai pubg,dan coba pinjem ffnya temenku,dan ternyata ff itu tidak seperti yg kita ketahui,ternyata game ff sangat mudah di kontrol dan kebanyakan krtunya,so,wajar jika peminatnya banyak yg bocah,atau anak sd,,berbeda sama pubg,dari segi apapun saya lebih tertarik ke pubg,1 hal lagi,ini menurut pengalaman saya,di mqnq² pemain ff kebanyakqn anak² semua,sumpah sumpek gw ngeliatnya,,dan itu berbeda dengan pubg,playernya rata² orang dewasa semua...dan gak malu²in...

    BalasHapus
  30. Dasar BEGO GOBLOK,,!!!!
    Yg kaya yg buat game, pada nyengir liat lu pada ribut ga jelas,,!!!!
    GUOBBLOKK,,,!!!! Ngeributin apaan sih lu Nyet??!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Seni dan Keindahan

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat sore sobat Story of Wejhe. Tahukah kalian apa itu seni ? Apa hubungannya dengan keindahan ? Mungkin banyak dari kalian yang akan berpikir bahwa "Seni adalah Keindahan". Banyak orang mengatakan bahwa seni itu selalu indah. Memang ada benarnya, namun kalimat "seni itu selalu indah" kurang tepat untuk menggambarkan hakikat seni yang sesungguhnya. Di postingan kali ini, saya akan mencoba untuk membahas dan mengupas segala tentang seni, keindahan, dan hubungan antara keduanya. Postingan ini terinspirasi dari salah satu guru seni budaya di SMAN 1 Klaten. Penjelasan beliau mengenai topik ini sangat menarik, sehingga saya tergugah untuk mengangkatnya dalam postingan ini. (Gambar 1. Lukisan bertemakan Alam) Seni adalah Keindahan, kalimat itulah yang selama ini diyakini oleh sebagian besar umat manusia di dunia. Salah satu contohnya adalah pada gambar di atas. Gambar tersebut merupakan sebuah karya seni rupa berwujud lukisan yan

2 Tahun Sejak Menjadi Siswa Baru SMAN 1 Klaten

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat sore para pembaca setia blog Story of Wejhe. Bagaimana kabar kalian hari ini ? Alhamdulillah aku sendiri dalam kondisi yang sangat baik. Hari ini, aku akan menceritakan impresiku selama menjadi siswa di SMAN 1 Klaten, yang merupakan SMA terfavorit se-Klaten. Oke, langsung saja. Check it out ! 1. Impresi awal masuk SMAN 1 Klaten. (Gambar 1. Gerbang depan SMAN 1 Klaten) "Eyes Friendly" , hal ini yang pertama kali aku rasakan saat berada di lingkungan SMAN 1 Klaten. Nuansa bumi hijau yang sangat asri dan dipadu dengan tata letak gedung yang sangat rapi, membuat para siswa menjadi lebih nyaman ketika belajar di SMAN 1 Klaten. Banyak sekali pepohonan dan rerumputan hijau yang membuat lingkungan SMAN 1 Klaten tampak sangat asri. Selain itu, tata letak gedung yang sangat rapi membuatku tidak merasa kesulitan untuk menghafal tata wilayah di SMAN 1 Klaten ini. Hanya saja, para pendatang baru mungkin  akan kebingungan ketika men