Langsung ke konten utama

Hakikat Kehadiran Tuhan dalam Kehidupan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi sobat Story of Wejhe. Pernahkah kalian mengalami masalah yang sangat berat ? Pernahkah kalian merasakan rasa sakit yang luar biasa ? Pernahkah kalian berada dalam kebimbangan dan kebingungan yang besar ? Sebagian besar manusia di dunia ini pasti pernah mengalami hal-hal tersebut. Bahkan, bisa dibilang hampir semua manusia pasti memiliki masalah. Pertanyaan berikutnya adalah, kepada siapakah kalian mengadukan dan meminta penyelesaian atas semua masalah tersebut ?

Jalan lurus
(Gambar 1. Tuhan selalu punya jalan untuk setiap masalah)

Sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa, kita harus selalu menyerahkannya kepada Allah.SWT. Ingatlah, Allah.SWT adalah Tuhan kita yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Semua masalah yang ada dalam kehidupan kita, tak lain hanyalah cara Tuhan untuk menguji hamba-Nya. Dan Tuhan takkan pernah meguji hamba-Nya melebihi kemampuannya. Kita harus percaya bahwa Tuhan selalu punya jalan untuk segala masalah kita di dunia ini.

Pertanyaan selanjutnya, pernahkah kalian benar-benar merasakan hadirnya Tuhan dalam kehidupan ? Pernahkah kalian benar-benar merasakan tuntunan tangan Tuhan dalam menyelesaikan masalah ? Pernahkah kalian benar-benar merasakan bisikan suara Tuhan dalam hati kalian ? Sebenarnya, Tuhan selalu dan senantiasa hadir dalam kehidupan kita. Hanya saja, tidak semua orang dapat merasakannya. Rasa itu akan hadir ketika kita selalu mengingat dan berusaha mendekat kepada Allah.SWT.

Dalam suatu Hadits riwayat Bukhari dan Muslim, yang artinya :

"Allah.SWT berfirman, Aku tergantung pada persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Aku bersamanya kalau dia mengingat-Ku. Kalau dia megingat-Ku pada dirinya, maka Aku mengingatnya pada Diri-Ku. Kalau dia megingat-Ku di keramaian, maka Aku akan mengingatnya di keramaian yang lebih baik dari mereka. Kalau dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan medekatinya sehasta. Kalau dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan medekatinya sedepa. Kalau dia mendatangi-Ku dengan berjalan, maka Aku akan mendatanginya dengan berlari."

Dalam Hadits tersebut, sangat jelas bahwa Allah.SWT akan mendekat dalam kehidupan kita kalau kita berusaha untuk mendekatinya. Bahkan, di dalam Hadits tersebut dikatakan bahwa jika kita medekat dengan berjalan, maka Allah.SWT akan mendekati kita dengan berlari. Sungguh, Allah.SWT sangat meyayangi dan megasihi hamba-Nya, dan Dia takkan pernah membiarkan hamba-Nya kesulitan dalam setiap masalahnya.

masalah
(Gambar 2. Seseorang yang sedang pusing memikirkan masalahnya)

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, hadirnya Tuhan dalam kehidupan memang benar-benar dapat dirasakan. Ketika saya sedang dilanda kebimbangan dan kebingungan, dan saya mencoba untuk menyerahkannya kepada Allah.SWT, beberapa saat kemudian saya benar-benar bisa melihat dan merasakan petunjuk yang diberikan oleh-Nya. Petunjuk tersebut sebenarnya sangatlah tersirat, dan belum bisa dirasakan sebelum saya mengingat-Nya. Petunjuk yang tersirat tersebut akhirnya bisa saya rasakan bagaikan berkas cahaya yang semakin lama semakin melebar.

Hadirnya Tuhan dalam kehidupan ini sebenarnya bukan hanya semata-mata pada masalah manusia saja. Tuhan hadir dalam setiap peristiwa kehidupan, baik itu yang berbentuk kebahagiaan, kesenangan, kesedihan, kebimbangan, kenyamanan, keamanan, maupun keselamatan. Ketika kita sedang merasa sangat bahagia karena berhasil mendapatkan apa yang kita inginkan, percayalah Tuhan selalu punya andil dalam keberhasilan tersebut. Tak peduli sebesar apapun usaha kita, Tuhan selalu ada dalam proses kita menuju keberhasilan itu.

sukses berawal dari gagal
(Gambar 3. Kesuksesan berawal dari Kegagalan)

Lalu, ketika kita mengalami kegagalan, apakah itu berarti Tuhan tidak hadir dalam hidup kita ? Misalnya saja, kita tidak lolos dalam seleksi masuk PTN yang kita idamkan, padahal kita sudah berusaha dengan sangat keras dan tak lupa selalu berdoa kepada-Nya. Dalam kasus tersebut, bukan berarti Tuhan tak ingin membantu kita. Sadarlah, Tuhan punya banyak cara untuk membantu hamba-Nya. Tuhan tidak meloloskan kalian dalam seleksi tersebut karena Tuhan punya jalan lain untuk kalian, dan menghindarkan kalian dari masalah yang akan datang jika kalian diterima dalam PTN tersebut. Mungkin saja, Tuhan tak ingin kalian mendapat masalah baru setelah diterima di PTN yang kalian idamkan, misalnya saja kalian akan merasa stress karena tidak dapat mengikuti materi kuliah dengan baik. Sungguh, Tuhan Maha Mengetahui.

Apapun itu, kita harus selalu bersyukur kepada Allah.SWT. Karena tanpa-Nya, kita ini bukanlah apa-apa. Kita hanyalah makhluk ciptaannya yang jauh dari kata sempurna. Pada akhirnya, semua kembali kepada diri kita masing-masing. Jika kebahagiaan datang, maka bersyukurlah pada-Nya. Jika kegagalan yang datang, maka maknailah kegagalan itu sebagai anugerah terindah dari-Nya. Karena manusia yang sukses adalah manusia yang belajar dari kegagalannya di masa lalu.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika kalian memiliki pendapat lain, silahkan tulis di komentar. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan dari pembaca sekalian. Jazakumullahi Khairan Katsiran.

Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

Ditulis Oleh : Wahyu Wijiyanto
Waktu Terbit : Minggu, 3 Juni 2018 Pukul 00.32 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antara Seni dan Keindahan

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat sore sobat Story of Wejhe. Tahukah kalian apa itu seni ? Apa hubungannya dengan keindahan ? Mungkin banyak dari kalian yang akan berpikir bahwa "Seni adalah Keindahan". Banyak orang mengatakan bahwa seni itu selalu indah. Memang ada benarnya, namun kalimat "seni itu selalu indah" kurang tepat untuk menggambarkan hakikat seni yang sesungguhnya. Di postingan kali ini, saya akan mencoba untuk membahas dan mengupas segala tentang seni, keindahan, dan hubungan antara keduanya. Postingan ini terinspirasi dari salah satu guru seni budaya di SMAN 1 Klaten. Penjelasan beliau mengenai topik ini sangat menarik, sehingga saya tergugah untuk mengangkatnya dalam postingan ini. (Gambar 1. Lukisan bertemakan Alam) Seni adalah Keindahan, kalimat itulah yang selama ini diyakini oleh sebagian besar umat manusia di dunia. Salah satu contohnya adalah pada gambar di atas. Gambar tersebut merupakan sebuah karya seni rupa berwujud lukisan yan

Pilih Free Fire atau PUBG Mobile ?

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat malam para pembaca setia blog Story of Wejhe. Pernahkah kalian memainkan salah satu dari dua game android di atas ? Sebagian besar anak remaja mungkin sudah pernah memainkannya. Keduanya adalah game yang ber-genre battle royale.  Sebenarnya, masih ada satu lagi game yang hampir mirip dengan keduanya, yaitu Rules of Survival. Namun, kali ini aku akan membahas Free Fire dan PUBG Mobile saja, karena dua game ini yang sudah sering ku mainkan. Dalam pembahasan ini, aku akan menggunakan sistem perbandingan dengan beberapa parameter. Oke, langsung saja. Check it out ! 1. Game Play. (Gambar 1. Game Play Free Fire) Secara umum, game play dari kedua game ini adalah sama, karena memiliki genre game yang sama pula. Game akan dimulai dengan turun dari pesawat menggunakan parasut, lalu mencari loot  untuk persiapan bertempur dengan musuh. Tujuan kedua game ini pun juga sama, yaitu untuk menjadi yang terakhir hidup dalam game. Di kedua game, juga ada

2 Tahun Sejak Menjadi Siswa Baru SMAN 1 Klaten

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat sore para pembaca setia blog Story of Wejhe. Bagaimana kabar kalian hari ini ? Alhamdulillah aku sendiri dalam kondisi yang sangat baik. Hari ini, aku akan menceritakan impresiku selama menjadi siswa di SMAN 1 Klaten, yang merupakan SMA terfavorit se-Klaten. Oke, langsung saja. Check it out ! 1. Impresi awal masuk SMAN 1 Klaten. (Gambar 1. Gerbang depan SMAN 1 Klaten) "Eyes Friendly" , hal ini yang pertama kali aku rasakan saat berada di lingkungan SMAN 1 Klaten. Nuansa bumi hijau yang sangat asri dan dipadu dengan tata letak gedung yang sangat rapi, membuat para siswa menjadi lebih nyaman ketika belajar di SMAN 1 Klaten. Banyak sekali pepohonan dan rerumputan hijau yang membuat lingkungan SMAN 1 Klaten tampak sangat asri. Selain itu, tata letak gedung yang sangat rapi membuatku tidak merasa kesulitan untuk menghafal tata wilayah di SMAN 1 Klaten ini. Hanya saja, para pendatang baru mungkin  akan kebingungan ketika men